Advertisement

Main Ad

Remaja Oke, Hobi Yes

            Masa remaja adalah masa yang indah. Karena pada masa itu kita akan belajar menjadi dewasa. Selain itu, pada masa remaja di dalam hati kita akan muncul rasa ketertarikan kepada lawan jenis. Yang lebih bangganya lagi, ketika memasuki masa remaja kita akan mendapat sebutan ABG (Anak Baru Gede).
            Selain masa yang paling indah, saat memasuki remaja kita akan disajikan beberapa pilihan. Kita wajib memilih salah satu dari multiple choice. Ingin tetap di jalan yang lurus atau ingin mengikuti kebudayaan barat alias pergaulan bebas.
            Itu memang pilihan yang super sulit. Apalagi seperti saya yang bersekolah di SMP umum. Sangat rawan pergaulan yang bahkan melebihi bebas. Tapi memang wajib hukumnya kita harus tetap berada di jalan yang lurus dan tentunya diridhai oleh Allah SWT. Kita harus berusaha menjaga keimanan kita dari godaan-godaan yang dapat menjerumuskan ke jalan yang salah.
            Terlepas dari itu semua, ada satu lagi yang menjadi fasilitas sebagai seorang remaja, yaitu memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif. Sebagai contoh, R.A. Kartini. Walaupun masih muda, tetapi beliau bertekad untuk membangun sekolah bagi kaum perempuan.
            Kreatif dan inovatif memang dimiliki oleh setiap remaja. Hanya saja, banyak dari mereka tidak tahu kelebihannya masing-masing yang seharusnya dikembangkan. Kelebihan masing-masing remaja berbeda-beda, dan itu dapat diketahui dari hobinya.
            Saya ingin berbagi cerita, hobi saya adalah membuat kerajinan tangan. Tetapi, saya lebih suka membuat bros. Hobi ini mulai muncul ketika saya memasuki usia remaja. Saya bertekad ingin belajar lebih cara membuat bros. Dengan cara mencari informasi di internet dan sering menyaksikan acara televisi tentang ketrampilan tangan membuat bros.
            Saya juga hobi menulis. Saya biasanya menuangkan ide ke blog. Menurut saya, bila hobi dikembangkan sejak sekarang maka akan berguna untuk masa depan. Hobi bukan patokan sebagai cita-cita seseorang. Tetapi, mengembangkan hobi juga bukanlah kegiatan yang sia-sia.
            Usia remaja memang saat untuk membentuk karakter kita. Jika kita sejak sekarang senang berbohong dan berbuat curang, kemungkinan besar akan menjadi koruptor. Dan jika kita sejak sekarang sudah dilatih untuk jujur dan kreatif, tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi orang sukses.
            Kita semua adalah generasi harapan bangsa. Generasi yang bermanfaat, jujur, kreatif, dan berakhlak mulia. Kita bukan ditunggu oleh bangsa Indonesia untuk menjadi seorang tenaga pekerja, tetapi kita ditunggu untuk menjadi penerus bangsa yang dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain demi kesejahteraan bangsa Indonesia.
            Kita semua harus memberantas tawuran, perjudian, korupsi, penganiayaan, pelecehan, dan kegiatan negatif lainnya yang dapat merusak moral bangsa ini. Kita harus menjadi remaja yang bermanfaat untuk negeri tercinta Indonesia.